Hai Kawan,

Mungkin anda tertarik tentang bisnis online di internet, blog ini dapat menjadi rujukan sebelum anda memulainya. Blog ini akan membahas persyaratan yang harus dimiliki sebelum memulai bisnis dan menjelaskan berbagai macam bentuk bisnis online. Tidak hanya itu blog ini akan menerangkan produk apa saja yang dapat ditawarkan dan berbagai fasilitas murah dan gratis di internet yang dapat anda manfaatkan sebagai layanan bisnis internet.

Blog ini juga dibuat untuk menghindari anda dari jebakan pelaku bisnis internet yang menawarkan kerjasama dengan janji manis cepat kaya yang pada kenyataannya hanya menguntungkan dan memperkaya pemilik situs.

Semoga blog belajar bisnis online dapat menjadi sumber ilmu pengetahuan bisnis online dan mudah-mudahan setelah belajar dengan kami menjadikan anda siap berbisnis online dengan baik dan benar dan juga berhati-hati dalam memilih peluang bisnis.

Jika anda masih pemula saya punya sesuatu untuk anda yang saya bagikan secara gratis. Yaitu e-book yang bisa menjadi dasar untuk bisnis online. Selamat Mendownload:

Cara Membuat Gmail
Cara Membuat Blog
Cara Membuat Facebook
Kelebihan Facebook
Belajar Internet Bisnis
Dasar-Dasar Marketing

dan Sebuah e-book motivasi

Jalan Sukses


Trik Membangun Komunitas Online

Jika anda ingin membangun komunitas di dunia maya, sebuah kelompok yang berkumpul dan saling memberikan ide, berkomunikasi satu sama lain karena memiliki tujuan dan ketertarikan yang sama. Menurut saya komunitas dunia maya sekarang akan lebih berkembang dan lebih banyak diminati karena tidak mengganggu ruang dan waktu, selama ada koneksi internet di dekat kita, kita bisa mengakses komunitas yang ada. Bebas bergabung dalam komunitas dan saling memberikan ide juga hal-hal yang positif.

Bagaimana membangun komunitas online?

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membangun komunitas antara lain dengan membuat milist, website portal, blog ataupun forum. Namun yang paling sulit yang saya rasakan adalah mencari orang-orang yang mau bergabung dalam komunitas tersebut, Dan yang paling mudah adalah membiarkan orang tersebut masuk dengan sendirinya ke sebuah komunitas. sayangnya untuk pilihan kedua biasanya harus memenuhi sarat pilihan pertama terlebih dahulu. Orang akan bergabung biasanya dikarenakan satu tujuan dan minat, isi dari komunitas itu yang menarik atau melihat banyaknya orang yang bergabung, semakin banyaknya orang yang bergabung semakin banyak juga ide-ide yang bisa di explore.

Dari keempat pilihan media komunitas tersebut yang paling saya suka adalah forum dan milist, dari setiap media tersebut mungkin memiliki pola masing-masing untuk komunitasnya, karena ada kelebihan dan kekurangannya, forum merupakan media yang lebih flexible karena didalamnya lebih teratur dengan adanya thread dan topik-topik yang dibuat juga banyak fitur yang bisa digunakan.

Sulitnya membangun Komunitas Online

Di dunia maya banyak forum-forum yang memiliki member hingga ribuan dan setiap harinya forum tersebut terus berkembang dan berkembang dengan topik-topik baru yang muncul contohnya adalah forum kaskus atau forum detikinet yang nampaknya sedang berusaha lebih mengembangkan komunitasnya, contohnya saja di setiap berita detikinet saya liat dibawahnya selalu ada penunjuk jalan ke forumnya ^_^ dan forum forum lainnya yang banyak bertebaran di internet.

Untuk detikinet membuat forum yang bisa dikunjungi banyak orang bukanlah hal yang sulit karena detikinet memiliki trafic pengunjung yang tinggi dengan rankingnya yang baik di google, dengan membuat link dari website utama ke forum detikinet saja bisa membuat orang tertarik untuk mengunjungi forum komunitasnya, dan dalam waktu singkat dapat menghimpun dan mendatangkan banyak member.

Tapi untuk forum baru yang tidak memiliki trafik dan belum terkenal luas , itu merupakan hal yang sedikit sulit. Belum adanya topik atau content yang menarik, hanya memiliki sedikit member dan posisi di search engine yang buruk. pokonya seperti tidak ada harapan. untuk forum mungkin untuk saat itu yang bisa dilakukan adalah :
  1. Pada awal-awal harus segera buat banyak thread/topic yang menarik untuk dibahas. Banyaknya topik yang siap di-reply, akan merangsang pengunjung untuk membalas posting pertama itu. Sehingga obroloan online dapat dimulai.
  2. Merekrut Moderator yang mau mengisi topic yang menarik.
  3. Naikkan posisinya di search engine dengan tehnik promosi atau tehnik-tehnik seo lainnya, setidaknya ada satu dua orang yang nyasar ke forum itu ^_^.

Memanfaatkan Jaringan Sosial Online menjadi Komunitas

Pada saat sekarang banyak Jaringan sosial online seperti Facebook, Friendster, dan Tagged yang bisa dimanfaatkan sebagai langkah awal mencari teman-teman baru dan selanjutnya mungkin bisa jadi pelanggan bisnis anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda ingin menemukan peluang-peluang bisnis baru di internet dan artikel terbaru dari blog ini silahkan mendaftar dengan klik DAFTAR